Selasa, 12 November 2024

Pendahuluan

Pendahuluan Program Pemberdayaan Penggunaan Microsoft Office bagi Siswa


Saat ini, penggunaan komputer telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Salah satu alasan utamanya adalah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang memengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita. Teknologi tidak hanya mengubah cara kita bekerja tetapi juga mempercepat proses dan memungkinkan kita untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan lebih cepat dan tepat (Eka et al., 2021). Pemanfaatan teknologi ini membawa banyak manfaat, baik dalam meningkatkan efisiensi kerja maupun sebagai sarana pembelajaran yang lebih efektif (Kwartolo, 2010).

Salah satunya adalah Microsoft Office adalah perangkat lunak aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh Microsoft. . Hingga saat ini, Microsoft Office masih digunakan secara luas untuk kebutuhan umum seperti mengolah teks, angka, membuat paragraf, dan mencetak dokumen. Paket perangkat lunak ini mencakup aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Dengan pemanfaatan yang optimal, Microsoft Office diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan data teks dan angka dalam kegiatan administrasi di sekolah atau madrasah (Dewi & Hilman, 2019).

Keterampilan komputer kini semakin penting, terutama bagi siswa dan pelajar yang sedang mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Penguasaan aplikasi seperti Microsoft Office bukan hanya membantu mereka dalam mengerjakan tugas sekolah, tetapi juga memberikan bekal penting untuk menghadapi berbagai tuntutan di tempat kerja nantinya. Dengan menguasai aplikasi-aplikasi ini, siswa bisa mengerjakan tugas dengan lebih terstruktur dan profesional, serta mempersiapkan diri untuk tantangan di masa depan.

Secara keseluruhan, pemanfaatan komputer dan penguasaan aplikasi kantor bukan hanya mendukung produktivitas, tetapi juga melatih kita untuk berpikir kritis dan terorganisir. Keterampilan ini membantu kita beradaptasi dengan cepat terhadap tuntutan teknologi yang terus berkembang, sehingga kita bisa mencapai efisiensi dan efektivitas baik dalam pekerjaan sehari-hari maupun dalam proses belajar.



REFERENSI

Eka, C., Puji Lestari Santoso, N., Sindy Amelia, & Devana, V. T. (2021). Pelatihan Software Editing Bagi Mahasiswa Pada Universitas Raharja. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.34306/adimas.v1i2.442 

Yuli Kwartolo. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, No 14(14). 

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100 



Artikel 2

Hubungan Jenis Lapisan Tanah dengan Perkembangan Pemukiman dan Mata Pencaharian di Desa Sidomulyo, Jakenan, Pati   Penulis adalah siswa SMA ...